Home » , , » Manfaat Menonton Animasi Bagi Anak

Manfaat Menonton Animasi Bagi Anak





Manfaat Menonton Animasi Bagi Anak

Animasi, mungkin kita tidak asing lagi mendengar kata unik tersebut, ya Animasi,  Animasi adalah gambar begerak berbentuk dari sekumpulan objek (gambar) yang disusun secara beraturan mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan pada setiap pertambahan hitungan waktu yang terjadi. Gambar tersebut dapat berupa gambar makhluk hidup, benda mati, ataupun tulisan.

seperti yg kita ketahui banyak sekali jenis jenis Animasi yg berkembang di abad 21 ini, di mulai dari 2D, 3D, sampai CGI. Tetapi kali ini saya tidak akan terlalu focus membahas tentang Animasi, melainkan saya akan lebih focus membahas tentang manfaat Animasi bagi anak. Animasi adalah sebuah film yg berbentuk imajinatif yg memiliki cerita tertentu di baliknya, beberapa orang tua berfikir bahwa animasi itu tidak baik bagi perkembangan anak, tapi menurut saya itu salah, well tergantung dengan jenis dan genre animasi yg di tonton sang anak, kalau bergenre Teen / remaja tentu saja tidak mendidik karena belum saatnnya di lihat oleh anak anak,well di bawah ini adalah manfaat film Animasi bagi anak anak : 

SEBAGAI SARANA HIBURAN, jelas sekali bahwa menonton merupakan salah satu sarana hiburan yang dapat meghilangkan kejenuhan setelah seharian beraktivitas. menonton film kartun pun demikian, bagi anak-anak dapat memberikan hiburan setelah sehari belajar disekolah. tapi jangan nonton terus, yaaa.
MENINGKATKAN DAYA TANGKAP ANAK, film anak-anak seperti film kartun kebanyakan ditujukan untuk pendidikan anak. banyak film kartun yang dimaksudkan agar anak-anak dapat mudah memahami jalan cerita serta nilai-nilai positif yang ada di dalamnya. soundtrack suatu film kartun juga bisa berpengaruh pada perkembangan anak. karena seperti yang kita tahu bahwa musik dapat mempengaruhi perkembangan otak.
MENANAMKAN NILAI MORAL, semua film termasuk juga film kartun pastilah memiliki nilai-nilai moral yang ditanamkan dalam setiap kisahnya. entah itu nilai-nilai yang baik ataupun yang kurang baik, semua kembali kepada kita bagaimana menanggapinya. kepada semua orang tua, agar selalu mendampingi anak-anaknya jika sedang menonton. bisa sekalian diberikan arahan kepada anak-anak tentang nilai-nilai yang baik dan yang tidak baik di dalam setiap film yang ditonton. yang boleh dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan. agar anak-anak dapat mengambil nilai positifnya.
MENINGKATKAN KREATIFITAS ANAK, seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa kegemaran menonton film animasi atau film kartun dapat meningkatkan daya imajinatif anak-anak. saat anak-anak megidolakan salah satu atau mungkin beberapa tokoh kartun, mereka akan sering menggambar tokoh-tokoh kartun yang mereka sukai tersebut. tentu hal ini memerlukan imajinasi, dan ini dapat meningkatkan daya kreatifitas anak.
warna-warna yang ada di setiap film kartun juga dapat memicu perkembangan otak anak. seperti yang kita ketahui, bahwa warna mempengaruhi perkembangan otak kanan. apalagi masa kanak-kanak adalah saat yang tepat untuk belajar.


Referensi : http://ilhosensei.blogspot.co.id/2015/04/berbagai-manfaat-menonton-film-animasi.html

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Flag Counter
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Wendy.G is Art - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger